Sejarah Kabupaten Bone Sulawesi

Sejarah Kabupaten Bone Sulawesi sejarah kerajaan bone di sulawesi.

Sejarah mencatat bahwa Bone dahulu merupakan salah satu kerajaan besar di nusantara pada masa lalu. Kerajaan Bone dalam catatan sejarah didirikan oleh Raja Bone ke-1 yaitu ManurungngE Rimatajang pada tahun 1330, mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Latenritatta  Arung Palakka  Matinroe ri Bontoala, pertengahan abad ke-17. Kebesaran kerajaan Bone tersebut  dapat memberi pelajaran dan hikmah yang bagi masyarakat Bone saat ini dalam rangka menjawab dinamika pembangunan dan perubahan-perubahan sosial, perubahan ekonomi, pergeseran budaya serta dalam menghadapi kecenderungan yang bersifat global.


Belajar dan mengambil hikmah dari sejarah kerajaan Bone pada masa lalu minimal terdapat tiga hal yang bersifat mendasar untuk diaktualisasikan dan dihidupkan kembali karena memiliki persesuaian dengan kebutuhan masyarakat Bone dalam upaya menata kehidupan ke arah yang lebih baik. Ketiga hal yang dimaksud adalah :

Pertama, pelajaran dan hikmah dalam bidang politik dan tata pemerintahan. Dalam hubungannya dengan bidang ini, sistem kerajaan Bone pada masa lalu sangat menjunjung tinggi kedaulatan rakyat atau dalam terminologi politik modern dikenal dengan istilah demokrasi. Ini dibuktikan dengan penerapan representasi kepentingan rakyat melalui lembaga perwakilan mereka di dalam dewan adat yang disebut "Ade Pitue", yaitu tujuh orang pejabat adat yang bertindak sebagai penasihat raja. Segala sesuatu yang terjadi dalam kerajaan dimusyawarahkan oleh Ade' Pitue dan hasil keputusan musyawarah disampaikan kepada raja untuk dilaksanakan.

Ade Pitu merupakan lembaga pembantu utama pemerintahan Kerajaan Bone yang bertugas mengawasi dan membantu pemerintahan kerajaan Bone yang terdiri dari 7 (tujuh) orang yaitu :

1. ARUNG UJUNG


Bertugas Mengepalai Urusan Penerangan Kerajaan Bone

2. ARUNG PONCENG


Bertugas Mengepalai Urusan Kepolisian/Kejaksaan dan Pemerintahan

3. ARUNG TA


Bertugas Bertugas Mengepalai Urusan Pendidikan dan Urusan Perkara Sipil

4. ARUNG TIBOJONG


Bertugas Mengepalai Urusan Perkara / Pengadilan Landschap/ Hadat Besar dan Mengawasi Urusan Perkara Pengadilan Distrik

5. ARUNG TANETE  RIATTANG


Bertugas Mengepalai Memegang Kas Kerajaan, Mengatur Pajak dan Mengawasi Keuangan

6. ARUNG TANETE  RIAWANG


Bertugas Mengepalai Pekerjaan Negeri (Landsahap Werken – LW) Pajak Jalan  Pengawas Opzichter.

7. ARUNG MACEGE


Bertugas Mengepalai Pemerintahan Umum Dan Perekonomian.

Selain itu di dalam penyelanggaraan pemerintahan sangat mengedepankan asas kemanusiaan dan musyawarah. Prinsip ini berasal dari pesan Kajaolaliddong seorang cerdik cendikia Bone yang hidup pada tahun 1507-1586 pada masa pemerintahan Raja Bone ke-7 Latenri Rawe Bongkangnge. Kajao lalliddong berpesan kepada Raja bahwa terdapat empat faktor yang membesarkan kerajaan yaitu:


Seuwani, Temmatinroi matanna Arung Mangkau'E mitai munrinna gau'e (Mata Raja tak terpejam memikirkan akibat segala perbuatan).
Maduanna, Maccapi Arung Mangkau'E duppai ada' (Raja harus pintar menjawab kata-kata).
Matellunna, Maccapi Arung MangkauE mpinru ada' (Raja harus pintar membuat kata-kata atau jawaban).
Maeppa'na, Tettakalupai surona mpawa ada tongeng (Duta tidak lupa menyampaikan kata-kata yang benar).

Pesan Kajaolaliddong ini antara lain dapat diinterpretasikan ke dalam pemaknaan yang mendalam bagi seorang raja betapa pentingnya perasaan, pikiran dan kehendak rakyat dipahami dan disikapi.

Kedua, yang menjadi pelajaran dan hikmah dari sejarah Bone terletak pada pandangan yang meletakkan kerjasama dengan daerah lain, dan pendekatan diplomasi sebagai bagian penting dari usaha membangun negeri agar menjadi lebih baik. Urgensi terhadap pandangan seperti itu tampak jelas ketika kita menelusuri puncak-puncak kejayaan Bone dimasa lalu. Dan sebagai bentuk monumental dari pandangan ini di kenal dalam sejarah akan perjanjian dan ikrar bersama kerajaan Bone, Wajo, dan Soppeng yang melahirkan TELLUMPOCCOE atau dengan sebutan lain "LAMUMPATUE RI TIMURUNG" yang dimaksudkan sebagai upaya mempererat tali persaudaraan ketiga kerajaan untuk memperkuat posisi kerajaan dalam menghadapi tantangan dari luar.

Ketiga, warisan budaya kaya dengan pesan. Pesan kemanusiaan yang mencerminkan kecerdasan manusia Bone pada masa lalu. Banyak hikmah yang bisa dipetik dalam menghadapi kehidupan, dalam menjawab tantangan pembangunan dan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang semakin cepat. Namun yang terpenting adalah bahwa semangat religiusitas orang Bone dapat menjawab perkembangan zaman dengan segala bentuk perubahan dan dinamikanya.

Dalam perkembangan selanjutnya, Bone kemudian berkembang terus dan pada akhirnya menjadi suatu daerah yang memiliki wilayah yang luas, dan dengan Undang-undang Nomor 29 Tahun 1959, berkedudukan sebagai Daerah Tingkat II Bone yang merupakan bagian integral dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kabupaten Bone memiliki potensi besar,yang dapat dimanfaatkan bagi pembangunan demi kemakmuran rakyat. Potensi itu cukup beragam seperti dalam bidang pertanian, perkebunan, kelautan, pariwisata dan potensi lainnya.

Demikian masyarakatnya dengan berbagai latar belakang pengalaman dan pendidikan dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk mendorong pelaksanaan pembangunan Bone itu sendiri. Walaupun Bone memiliki warisan sejarah dan budaya yang cukup memadai, potensi sumber daya alam serta dukungan SDM, namun patut digaris bawahi jika saat ini dan untuk perkembangan ke depan Bone akan berhadapan dengan berbagai perubahan dan tantangan pembangunan yang cukup berat. Oleh karena itu diperlukan pemikiran, gagasan, dan perencanaan yang tepat dalam mengorganisir warisan sejarah, kekayaan budaya, dan potensi yang dimiliki ke dalam suatu pengelolaan pemerintahan dan pembangunan. Dengan berpegang motto Sumange' Tealara yakni Teguh dalam Keyakinan Kukuh dalam Kebersamaan, pemerintah dan masyarakat Bone akan mampu menghadapi segala tantangan menuju Bone yang lebih baik.

Nama-nama yang Menjabat Bupati Bone sejak tahun 1951 sampai sekarang adalah sbb:

Abdul Rachman Daeng Mangung (Kepala Afdeling) Tahun 1951
Andi Pangerang Daeng Rani (Kepala Afdeling/Kepala Daerah) Tahun 1951-1955
Ma’mun Daeng Mattiro (Kepala Daerah) Tahun 1955-1957
H. Andi Mappanyukki Sultan Ibrahim MatinroE ri Gowa (Kepala Daerah/Raja Bone) Tahun 1957 - 1960
Andi Suradi (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1960-1966
Andi Djamuddin (Pejabat Bupati Kepala Daerah) Tahun 1966-1966
Andi Tjatjo (yang menjalankan tugas Bupati Kepala Daerah) Tahun 1966-1967
Andi Baso Amir (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1967 - 1969
H. Suaib (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1969 - 1976
H.P.B. Harahap (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1976-1982
H. Andi Madeali (Pejabat Bupati Kepala Daerah) Tahun 1982 - 1983
Andi Syamsu Alam (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1983-1988
Andi Syamsoel Alam (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1988-1993
Andi Muhammad Amir (Bupati Kepala Daerah) Tahun 1993-1998 dan 1998-2003 ( Dua Periode)
H. Andi Muh. Idris Galigo (Bupati Bone) Tahun 2003-2008 dan 2008-2013 ( Dua Periode )

Dr. H.Andi.Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. (Bupati Bone) Tahun 2013 Sampai Sekarang

Berita Jeneponto$type=complex$count=4$count=4$show=post$hide=/search/label/Berita%20Jeneponto

Trending$type=sticky$count=4$$hide=/search/label/Features$show=post

Name

#HIPERMATA #HIPERMATASATU,1,#Mubes,1,#Takalar,1,Artikel,6,Berita Jeneponto,37,Bisnis,1,Ekonomi,4,Featured,1,Features,4,Film Makassar,3,Hiburan,15,Hukum,1,indonesia,2,International,1,irmabata,1,Jeneponto,18,Kampus,10,latoafilm,1,mahasiswa,1,Makassar,3,masjid,1,Meme Makassar,7,musik,4,Nasional,2,Olahraga,3,Pendidikan,10,Politik,15,Puisi,6,ramadan,1,Regional,3,remajamasjid,1,Sastra,9,Sejarah,6,seni,7,Takalar,2,teater,3,Tradisi,5,Video,5,Wisata,12,
ltr
item
Kareba Terkini: Sejarah Kabupaten Bone Sulawesi
Sejarah Kabupaten Bone Sulawesi
Sejarah Kabupaten Bone Sulawesi sejarah kerajaan bone di sulawesi.
https://1.bp.blogspot.com/-uzxLhkc4sPw/Vq3om1ZlglI/AAAAAAAAF0c/TUcbPbOsIGk/s200/Logo%2BKabupaten%2BBone%252C%2BSulawesi%2BSelatan.png
https://1.bp.blogspot.com/-uzxLhkc4sPw/Vq3om1ZlglI/AAAAAAAAF0c/TUcbPbOsIGk/s72-c/Logo%2BKabupaten%2BBone%252C%2BSulawesi%2BSelatan.png
Kareba Terkini
http://www.karebaterkini.com/2016/07/sejarah-kabupaten-bone-sulawesi.html
http://www.karebaterkini.com/
http://www.karebaterkini.com/
http://www.karebaterkini.com/2016/07/sejarah-kabupaten-bone-sulawesi.html
true
3725051222179516780
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus By Home HALAMAN POST View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago 5 Minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium Bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy