Mengusik Kemalasan Membangkitkan Kesadaran

Mengeksplorasi alam dengan bekal pengetahuan sangat memungkinkan dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Jeneponto.

(Regulasi mengubah paradigma berpikir masyarakat Jeneponto)

Pada dasarnya, tiada satupun manusia yang lahir di muka bumi bersama dengan kebodohan. Sebaliknya, potensi untuk membaca dan mengetahui tanda-tanda yang terdapat di alam semesta, telah dianugerahkan Tuhan kepada seluruh manusia tanpa terkecuali.Potensi itu berupa alat pengetahuan. Panca indera, hati, khayal, dan akal adalah sederet alat pengetahuan yang masing-masing memiliki fungsi yang luar biasa. Alam semesta, ide, kitab-kitab, sejarah, dan manusia itu sendiri merupakan sumber pengetahuan yang Tuhan sebar dan hamparkan di jagat raya yang luas membentang ini. Lantas, gerangan apa yang menjadikan sebagian besar manusia masih bercokol di bawah garis kebodohan? Sementara para cendekia telah berpetuah bahwa kebodohan itu sangat dekat dengan kemiskinan dan kemiskinan sangat rentang pada tindak kekerasan, kriminalitas, dan perbudakan. Semua itu bisa terjadi tidak lain dan tidak bukan, bersumber dari kemalasan.

Sebagaimana yang telah diketahu bersama bahwa Kabupaten Jeneponto terletak di ujung bagian barat dari wilyah Propinsi Sulawsi selatan dan merupakan daerah pesisir pantai yang terbentang sepanjang +_95 di bagian selatan. Sedangkan bagian utara terdiri dari dataran tinggi dan bukit-bukit yang membentang dari Barat ke timur dengan ketinggian 500 sampai dengan 1400 meter di atas permukaan laut. Lalu bagian tengahnya merupakan dataran dengan ketinggian 100 sampai dengan 500 meter di atas permukaan laut. Artinya, bahwa seluruh wilayah kabupaten Jeneponto sangat mungkin untuk mengembangkan perekonomian berdasar potensi alam masing-masing wilayah. Untuk wilayah selatan sangat tepat mengembangkan usaha perindustrian, penggaraman, rumput laut, perikanan, dan destinasi wisata. Wilayah tengah perdagangan, sedangkan wilayah barat hingga timur sangat cocok untuk berkebun dan bertani, terutama untuk kebutuhan pangan.

Dengan bekal potensi yang ada pada diri manusia dan berkah dari alam yang melimpah ruah, maka seharusnya masyarakat Kabupaten Jeneponto tidaklah pantas jika menyandang status sebagai salah satu daerah yang tingkat kesejahteraan masyarakatnya berada di urutan terbawah. Apalagi sampai menyandang gelar daerah tertinggal.

Kemalasan dalam mengelolah alam, kemalasan dalam memanfaatkan potensi di masing-masing wilayah, kemalasan untuk merawat dan memelihara alam setelah diambil kemanfaatannya, serta kemalasan untuk mencipta dan menghasilkan produk siap pakai atau siap konsumsi, bahkan siap untuk dipasarkan ke supermarket, menyebabkan beberapa hasil alam yang ada di Kabupaten Jeneponto dijual begitu saja tanpa melalu proses pengolahan dan pengemasan yang baik. Garam sebagai salah satu hasil alam Kabupaten Jeneponto hingga saat ini masih diolah secara manual dan tradisional, padahal jika bahan dapur yang satu ini terlebih dahulu diolah dan dikemas dengan menggunakan alat teknologi canggih, maka tentu dapat menembus pasar internasional dengan harga yang lebih dari harga saat ini. Demikian juga dengan jagung kuning dan rumput laut, butuh pengolahan dan pengemasan yang baik sebelum dilempar ke pasar agar harga jualnya dapat meningkat bila dibanding masih berbentuk bahan mentah.

Akhirnya mengeksplorasi alam dengan bekal pengetahuan sangat memungkinkan dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Jeneponto.

  • [message]
    • Penulis
      • Nama : Idha Massiri
        Makassar, 7 Agustus 2017

Berita Jeneponto$type=complex$count=4$count=4$show=post$hide=/search/label/Berita%20Jeneponto

Trending$type=sticky$count=4$$hide=/search/label/Features$show=post

Name

#HIPERMATA #HIPERMATASATU,1,#Mubes,1,#Takalar,1,Artikel,6,Berita Jeneponto,37,Bisnis,1,Ekonomi,4,Featured,1,Features,4,Film Makassar,3,Hiburan,15,Hukum,1,indonesia,2,International,1,irmabata,1,Jeneponto,18,Kampus,10,latoafilm,1,mahasiswa,1,Makassar,3,masjid,1,Meme Makassar,7,musik,4,Nasional,2,Olahraga,3,Pendidikan,10,Politik,15,Puisi,6,ramadan,1,Regional,3,remajamasjid,1,Sastra,9,Sejarah,6,seni,7,Takalar,2,teater,3,Tradisi,5,Video,5,Wisata,12,
ltr
item
Kareba Terkini: Mengusik Kemalasan Membangkitkan Kesadaran
Mengusik Kemalasan Membangkitkan Kesadaran
Mengeksplorasi alam dengan bekal pengetahuan sangat memungkinkan dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Jeneponto.
https://2.bp.blogspot.com/-oLUFZ43BZFY/WhBizrixabI/AAAAAAAAAIg/AGuTXqcvx2s-iwVGQ9B-1x45NURYwzPbACK4BGAYYCw/s400/masyarakat-jeneponto.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-oLUFZ43BZFY/WhBizrixabI/AAAAAAAAAIg/AGuTXqcvx2s-iwVGQ9B-1x45NURYwzPbACK4BGAYYCw/s72-c/masyarakat-jeneponto.jpg
Kareba Terkini
http://www.karebaterkini.com/2017/11/mengusik-kemalasan-membangkitkan.html
http://www.karebaterkini.com/
http://www.karebaterkini.com/
http://www.karebaterkini.com/2017/11/mengusik-kemalasan-membangkitkan.html
true
3725051222179516780
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus By Home HALAMAN POST View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago 5 Minggu yang lalu Pengikut Ikuti Konten Premium Bagikan untuk membuka Salin Semua Kode Pilih Semua Kode All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy